Selasa, 12 November 2013

Pelatihan Konselor Sebaya di SMKN 01 Pulau Maya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.... 
Setelah beberapa bulan gak posting di blog ini rasanya rindu juga mau tulas tulis di sini biarpun cuma kasih info yang sedikit penting dan gak ada kepentingan didalamnya....(maklum lagi musim politik nih...).
Okelah sahabat sehat kali ini saya memberikan informasi tentang pembinaan dan pelatihan Konselor Sebaya yang dilakukan oleh Petugas Promkes dan KIA dalam rangka melaksanakan bbidang kegiatan dari program pemerintah tentang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Kegiatan tersebut telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu dengan berbagai sesi pelatihan dan simulasi yang dilakukan untuk merangsang minat dan keterampilan Siswa dan siswi SMKN 01 Pulau Maya dalam mengasah kemampuan mempersiapkan diri sebagai konselor sebaya.


Seperti biasa dalam sesi pelatihan selalu diawali dengan kegiatan Pretest bagi peserta pelatihan, hal ini dibutuhkan untuk mengetahu tingkat pengetahuan peserta terhadap informasi umum mengenai konselor sebaya, kesehatan reproduksi remaja, Napza dan lain-lain. dari 20 peserta yang hadir dalam pelatihan dan pembinaan tersebut 80 % mereka semua sangat aktif dalam mengikuti materi pelatihan.
Pada sesi simulasi konseling diakui oleh beberapa petugas puskesmas tanjung satai yang memberikan pelatihan mengatakan bahwa sebagian besar siswa mampu melaksanakan tugasnya sebagai konselor sebaya yang dapat memberikan perhatian kepada teman sebayanya dalam mengatasi berbagai masalah yang dewasa ini sering melanda remaja baik itu gangguan kesehatan reproduksi, gangguan kesehatan mental maupun sosial dan keluarga.

Tujuan dari pelatihan dan pembinaan konselor sebaya ini adalah meningkatkan kesehatan remaja secara esensial melalui berbagai sisi kegiatan yang dapat secara langsung memberikan pelayanan kesehata kepada anak usia remaja.
Nah pemirsaaahh...akhir dari kegiatan ini dilakukan Postest yang menentukan 10 orang yang menjadi petugas konselor pada sekolahnya dan bertugas memberikan dan membuka pelayanan konseling bagi semua siswa di SMKN 01 Pulau Maya.

Berikut Dokumentasinya pemirsaahhh....

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar